A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smanj501/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smanj501/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

SMA 5 JEMBER LAKSANAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA | SMA NEGERI 5 JEMBER

SMA NEGERI 5 JEMBER

Jl. Semangka 4, Baratan, Patrang, Jember

Sekolah Adiwiyata

SMA 5 JEMBER LAKSANAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA

Selasa, 06 Februari 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 1607 Kali

Suasana sekolah pada akhir minggu kali ini nampak berbeda dari minggu lainnya. Semangat yel-yel Kader Bela Negara dinyanyikan penuh semangat oleh para siswa. Pada minggu kali ini SMA 5 Jember memiliki hajat pendidikan bela negara. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas 11 SMA Negeri 5 Jember. Acara dimulai pada hari sabtu pagi dan berakhir pada minggu sore.

            “Kegiatan ini merupakan perwujudan dari penanaman wawasan kebangsaan kepada para siswa. Agar mereka memiliki karakter yang baik dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu kegiatan ini dilindungi oleh undang-undang bahwa setiap warga negara wajib hukumnya melaksanakan kegiatan bela negara.” Kata Kepala SMA Negeri 5 Jember bapak Siswo Suryono. Beliau menambahkan kegiatan ini perlu dilaksanakan sebagai upaya mendidik siswa untuk memiliki semangat nasionalisme. Terlebih beliau sangat prihatin dengan kejadian yang terjadi di daerah lain seperti di Madura yang terjadi baru-baru ini. Tantangan global memang sangat mempengaruhi siswa sehingga membuat anak menjadi lupa akan jati diri bangsa Indonesia.

            Pada kegiatan ini, SMA Negeri 5 Jember bekerjasama dengan Bakesbangpol Kabupaten Jember. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini antara lain kegiatan Indor dan Outdor. Kegiatan Indor diisi kegiatan berupa materi kepada siswa, sedangkan kegiatan Outdor diisi kegiatan  Outbond. “Kami memberi materi bersama KKBI yang merupakan senior KBN. Kegiatan sudah sesuai kurikulum yang disusun oleh KKBI.” Kata Bapak Hendro ketua tim Bakesbangpol.

            Kegiatan ini selain mengajarkan nasionalisme kepada siswa, juga diajarkan sikap disiplin dan tanggung jawab. Tidak satupun kegiatan yang tidak terlaksana karena siswa diajarkan untuk memiliki sikap  disiplin. Pada outbond mereka dibekali dengan permainan yang mengasah kerjasama, tanggung jawab, toleransi dan sikap waspada. Hal ini dilakukan guna mengingatkan kepada siswa tantangan global selalu menghantui dan datang tiba-tiba sehingga perlu waspada serta semangat persatuan.

            Kepala sekolah menambahkan kegiatan ini dimungkinkan untuk dilaksanakan setiap tahunnya namun perlu persiapan yang lebih matang lagi. Namun secara keseluruhan siswa melaksanakan kegiatan dengan penuh semangat. Bahkan setelah acara berlangsung mereka merasa bahwa tugas sebagai generasi penerus bangsa ada pada mereka. “Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan belajar agar kelak bisa berguna bagi bangsa. Saya senang ada kegiatan seperti ini, selain seru juga diajarkan semangat nasionalisme” kata Mutiara Yunanda salah satu peserta.

Ketua Pelaksana Sekolah yakni ibu Luluk yang juga merupakan guru PPKN di SMA Negeri 5 Jember mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut didukung oleh sekolah. “Sekolah mendukung sekali kegiatan ini, bahkan mungkin nanti bisa diusulkan sebagai salah satu kegiatan di tahun depan dan kita harapkan dapat berlangsung tiap tahunnya.” Kegiatan ini juga merupakan kerjasama seluruh elemen sekolah baik siswa, guru dan staf TU serta Bakesbangpol Kabupaten Jember. Diharapkan setelah acara ini terjalin komunikasi yang baik antar instansi.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT